Monday, January 19, 2015

Sebuah Hubungan

Menjalin hubungan adalah hal yang susah-susah gampang. Nggak smua orang bisa dengan mudah mengikatkan diri kepada suatu hubungan walaupun pada dasarnya manusia butuh merasa terikat. Manusia gak pernah cukup dengan hanya merasa bebas, sebab kebebasan itu juga akhirnya akan memunculkan lagi kebutuhan untuk merasa terikat. Samahalnya berhubungan dengan seseorang yang selalu membebaskan kita untuk melakukan apapun. Dunia indah bener kalo gitu kan? Ya memang indah awalnya, kita bisa saja menikmati kebebasan itu dan melakukan apa pun yang kita inginkan tanpa harus khawatir ada yang keberatan. Sebut pasangan kita sebagai pasangan yang paling pengertian dan menghargai kita. Lalu selanjutnya apa? Mungkin kebosanan akan muncul,yang tadinya bebas mungkin berubah menjadi keinginan untuk terikat dan diperhatikan. Bisa jadi kita mulai bertanya-tanya, apakah pasangan kita benar-benar pengertian dan menghargai kita? Ataukah justru dia tidak peduli sama sekali? Entah ...
Pada dasarnya, menjalin hubungan yang lebih matang adalah salah satu bentuk pemenuhan tugas perkembangan. menjalin hubungan ini bisa berbagai bentuknya, salah satunya adalah melalui pacaran. kenapa sih kita mesti pacaran? Kalo tujuannya hanya sekedar memenuhi tugas perkembangan, berarti TTM atau HTS seharusnya gak jadi masalahkan? itu juga salah satu bentuk hubungan.
Nah, masalahnya adalah Pacaran bisa disebut sebagai tahapan menuju pertunangan atau pernikahan. Jadi, pacaran nggak sepenuhnya buat have fun aja, inget gak sepenuhnya buat HAVE FUN! Pacaran bisa kita jadikan cara untuk mengenal pasangan kita lebih dalam sebelum akhirnya memutuskan yang ingin kita dapatkan dalam sebuah hubungan. Berpacaran dengan status dan berusaha mempertahankannya adalah suatu tantangan tersendiri bagi setiap orang. Tujuan orang pacaran juga beda-beda. yang pacaran juga orangnya beda-beda kan. Apalagikalo hubungan mulai berjalan. Masalah-masalah bermunculan. Mulai dari gak bales sms, gak angkat telpon, gak ada kabar berhari-hari, gak pernah ketemu, selingkuhlah, ya banyak deh! Tapi ya, gimana pasangan yang ngejalaninya juga sih buat nyelesaiin masalah hubungannya. makannya komunikasi dalam suatu hubungan itu penting loh, biar gak ada pikiran negatif dari pasangannya. Emang ada susahnya, tapi kalo dijalanin bener dan saling mengandalkan satu sama lain bakalan terasa ringan. Inget, semua gak ada yang INSTAN! semua butuh proses dan pembelajaran.

 


Nah, kalo TTM itu bisa dipandang sebagai salah satu tahapan dalam mengenal pasangan atau sebagai salah satu tahapan dalam mengenal pasangan atau bentuk ketakutan akan status dan konsekuensi dari berpacaran (inget! status). Namun kalo kita memutuskan untuk TTM terus, padahal kita udah tau siapa yang tepat untuk kita jadikan pacar ,itu artinya kita takut komitmen, alias takut akan kewajiban dan konsekuensi dari ”PACARAN”.

Jadi, bedanya gini loh

Kalau PACARAN -> Pacaran itu DEWASA (walaupun banyak yang masih ke kanak-kanak’an), SETIA (walaupun banyak yang selingkuh), tapi BERANI BERKOMITMEN / BERANI NGAMBIL RESIKO/KONSEKUENSI dan pacaran itu milik SEORANG maksudnya gini loh pacaran kan udah punya komitmen, jadi gak sembarangan orang yang berani ngedeketin! karna kenapa? kan mereka udah tau kalo kita itu udah ada yang milikin. kalo emang masih ada yang berani deketin, berarti dia gatau malu haha. Tapi walaupun mereka yang pacaran udah punya komitmen banyak juga yg keluar jalur (SELINGKUH nanti gue bahas dibawah haha) jadi intinya tergantung sama orang yang ngejalaninnya sih. Sedangkan TTM -> TTM itu BELUM BERANI BERKOMITMEN (TAKUT). Mereka yang ngejalanin TTM itu BELUM BERANI NGAMBIL RESIKO/KONSEKUENSI (PENGECUT kalo kata gue haha) dan TTM itu milik SEMUA ORANG maksudnya gini, dia yang TTM kan gak BERKOMITMEN sama siapa-siapa, jadi pasti banyak yang ngedeketin, jadi intinya kesini OK, kesana OK (murahan dong *ups haha) TTM itu gaperlu lah kalo kata gue, soalnya kayak anak kecil, kenapa? kalo lo bisa serius, kalo lo berani berkomitmen ngapain lo TTM? capek hati bro! dikira hati mainan apa ?! kasian juga noh sama pasangannya kalo dia minta lebih tapi lo cuma bisa sebatas TTM doang, gimana coba? kasian kan (kecuali diantara kalian ada kesepakatan buat ngejalanin TTM tsb)
1.       Dendam! iya, mungkin faktor ini karena saat dia pacaran dia gak dihargai sama pasangannya, dia jadi galau, bete, atau apalah. bisa juga dulunya dia khianatin kita haha (maybe)
2.       Ada hal-hal yang gak bisa didapet dari pasangan, akhirnya malah berusaha dapetin dari orang lain (maybe)
3.       Faktor penggoda juga bisa! terkadang walau kita udah punya pasangan, ada aja lawan jenis yang masih ngejar-ngejar kita. akhirnya lumayan lah buat iseng-iseng.... hayaooo? pernah ya? haha  (maybe)
4.       cari sensasi dan cuma ngebuktiin klo sanggup naklukin beberapa lawan jenis (biar dicap playboy/playgirl kali ya haha) (maybe)
5.       sekedar cari variasi hidup aja (maybe)
6.       karena nafsu (maybe)

Cukup sekian catatan dari sebuah novel dan pengalaman gue pribadi, kalo ada yang salah ya wajar, karena setiap orang punya pemikiran masing-masing tentang sebuah hubungan.
intinya mah balik lagi ke Tuhan tanpa izin-Nya kita gakan ngerasain namanya cinta, sakit hati, galau dll. Trmsuk mahluk ciptaanya juga ada, kalo bukan jodoh ya cari lagi, yang sreg di hati belum tentu dia jodoh kita juga kan 

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54b52fea0d8b463b148b4570/sebuah-hubungan

0 comments:

Post a Comment

RagMuthSa. Powered by Blogger.