Monday, January 19, 2015

Bahaya! Jangan Coba-coba Panaskan 4 Makanan ini

Memanaskan makanan seringkali dilakukan untuk menghindari basi ataupun agar lebih enak rasanya saat disajikan kembali. Padahal, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Alasannya karena mengurangi nilai gizi atau bahkan, kandungan di dalamnya telah berubah jadi racun. Misalnya saja beberapa makanan enak berikut ini 

Bayam

Bayam merupakan jenis makanan enak dan sehat yang paling bahaya jika dipanaskan. Bayam segar memang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, bahkan bisa dikonsumsi segala umur. Namun, bayam sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah melewati 12 jam penyajian. Karena di dalam bayam terdpat kandungan nitrat tinggi, sesuai kandungan tanah tempatnya tumbuh.
Apabila dipanaskan, nitrat ini berubah menjadi asam nitrat (semacam racun penyebab luka bakar) dan nitrosamin yang bisa menyebabkan kanker. Belum lagi zat besi di dalamnya akan terurai dan darah akan berhenti menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh apabila dikonsumsi setelah dipanaskan.

Sayuran

Meskipun tidak sebahaya memanaskan bayam, namun jenis sayuran apapun sebaiknya tidak dipanaskan. Lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi sayur sekali habis, atau kurang dari setengah hari. Karena kandungan nutrisi dan vitamin dalam sayuran akan ikut terurai begitu dipanaskan dan larut jika terkena air. Hasilnya, kamu tidak akan merasakan efek baik sayur sama sekali.

Daging

Jenis daging apapun, terutama yang sehat dan segar akan mengandung nilai protei tinggi yang berguna bagi tubuh. Namun, untuk mendapatkan rasa yang tetap enak ketika dimakan, tak jarang juga yang memanaskannya, bahkan hingga berulang-ulang. Padahal, susunan protein dalam daging akan mudah sekali rusak terutama setelah pemanasan berulang kali.

Apalagi daging yang dipanaskan dengan sengaja hingga mengering atau kehitaman. Bukan hanya nilai gizinya yang berkurang, di dalamnya pun terkandung penyakit-penyakit berbahaya pemicu kolesterol, tekanan darah tinggi, jantung hingga kanker.

Gorengan


Jenis makanan yang digoreng memiliki efek paling berbahaya bagi tubuh dibanding cara memasak yang lain. Makanya, makanan jenis gorengan sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Karena minyak pertama yang ada di dalamnya akan mengumpulkan kalori yang lebih besar. Apalagi susunan kimiawi di dalamnya pun akan ikut berubah setiap kali dipanaskan, termasuk melepas lemak jenuh yang nantinya berkumpul menjadi kerak pada dinding pembuluh darah.

Oleh karena itu, sebaiknya makanan enak jenis gorengan ditiriskan minyaknya lebih dulu sebelum dikonsumsi dan tidak menggunakan jelantah atau minyak bekas untuk menggoreng makanan lainnya.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54a7db1198e31bce6c8b4571/bahaya-jangan-coba-coba-panaskan-4-makanan-ini

0 comments:

Post a Comment

RagMuthSa. Powered by Blogger.