Monday, January 19, 2015

Ayo Gan Kita Intip Museum-Museum Unik Di Dunia

Apakah agan suka travelling ke museum? Sudah pernah ke museum mana saja gan? Jalan-jalan ke museum paling mentok hanya melihat barang-barang peninggalan prasejarah atau sisa-sisa perjuangan. ya kan gan?

Nah, Ternyata ada lho gan museum-museum yang unik di Dunia. Museum-museum ini isinya barang-barang yang tidak pada umumnya. Penasaran apa saja?
Ayo gan langsung aja kita intip!!!

1.      Sulabh International Toilet Museum, India.

Dari namanya aja udah bisa ditebak kan? Ya, museum ini isinya emang berbagai macem kloset. Museum Toilet ini pertama kali dicetuskan oleh Dr Bindeshwar Pathak ini berlokasi di New Delhi, India. Di musium ini agan bisa liat berbagai macam bentuk kloset sama sejarah evolusinya sejak masa sebelum masehi.

2.      Museum Shin Yokohama Raumen, Jepang.

Buat para Ramen Lova, museum yang ini recomended buat dikunjungi. Museum yang terdiri dari 3 lantai ini terletak di Yokohama, Jepang. Museum ini nampilin aneka ramen instan sejak masa dikenalkannya pada tahun 1958

3.      Museum of Bad Art, Dedham, Massachusets.

Keunikan dari museum ini, kalo museum biasanya nampilin karya-karya maestro yang keren-keren, museum ini malah mengoleksi karya lukis serta kerajinan yang gagal. Sesuai dengan tujuannya didirikan museum ini, yaitu untuk menghargai kerja seniman yang karyanya nggak akan ditampilkn dan nggak dihargai di forum lain

4.      Museum of Torture, Belanda.

Museum yang ini rada ngeri, karena di museum ini menampilkan instrumen-instrumen penyiksaan pada jaman dulu. Selain itu di museum ini ada informasi ttg sejarah penyiksaan dan juga penggunaannya di masyarakat. Dengan pencahayaan yang temaram, berada di museum ini akan seperti dibawa ke masa-masa penyiksaan pada orang-orang yang bersalah di jaman dahulu.

5.      Leila’s Hair Museum, Amerika Serikat.

Museum ini dicetuskan sama Leila Cohoon, penata rambut abad ke-19 yg isinya koleksi seni rambut dan hiasan-hiasan yang dimulai dari abad ke-19 dan berkembang di era Victoria. Bentuk seninya terdiri dari kalung, gelang, cincin, liontin, lukisan dan medali yang dihiasi dengan helai rambut. nah, ide baru kan tuh, yang rambutnya suka rontok dan patah, bisa dikumpulin dan nanti dibuat hiasan.

6.      Museum Sewer, Paris.

Sekitar tahun 1200 Masehi, saat pemerintahan Raja Philippe Auguste, beliau menyatakan bahwa sepanjang jalan sudah harus diaspal dengan saluran di sepanjang bagian tengan untuk pembuangan limbah. Saat ini, sepanjang 1300 mil telah dikelola dengan baik sehingga pengunjung bisa berjalan disepanjang terowongannya. Kita berharap ya, smoga sistem pembuangan limbah kita juga semakin baik dan syukur-syukur bisa dikelola sebagai kunjungan wisata

7.      Museum of Broken Relationships, Kroasia.

Dari liat namanya aja udah berasa #jleb. Agan pernah patah hati? punya barang-barang yang nggak bisa dilupain? Yak! Museum di Kroasia ini nyimpan benda-benda sisa dari hubungan yang udah kandas, contohnya boneka beruang, cincin, gelang, surat, dan barang-barang sejenis itu. Yang menjadi keunikan dari museum ini adalah sisi emsional manusia yang diabadikan.

8.      Museum Tsunami Aceh, Indonesia

Tentu masih segar diingatan kita jika pada tahun 2004 lalu, tsunami besar melanda Provinsi Aceh. Lebih dari 150.000 korban jiwa melayang. Bencana alam tersebut termasuk bencana alam terbesar yang pernah menimpa Indonesia. Ada banyak keluarga kehilangan anggota keluarganya.

Kejadian inilah yang melatar-belakangi dibangunnya Museum Tsunami di Aceh. Pada dasarnya museum ini dimaksudkan untuk mengenang para korban jiwa yang telah terlebih dahulu meninggal dunia. Desain museum ini tidak dibangun dengan sembarangan. Jika dilihat dari bagian atas, bentuk bangunan museum ini menyerupai gelombang tsunami. Tetapi jika dilihat dari samping maka akan berbentuk kapal penyelamat atau geladak.

Begitu agan memasuki museum ini, maka agan akan menemui lorong gelap yang mirip dengan gelombang tsunami yang berukuran 40 meter. Ketika agan berjalan maka akan ada tetesan air yang menetes. So buat agan yang gak kepengen kebasahan siapkan juga topi sebagai pelindung. Sambil berjalan menyusuri lorong, kamu akan menyaksikan berbagai foto kejadian tsunami yang ditampilkan di standing screen.

Setelah melewati lorong panjang, agan akan memasuki ruang penentuan nasib atau fighting room. Di ruang tersebut berbentuk seperti cerobong semi-gelap dengan tulisan Allah dibagian puncaknya. Hal ini merefleksikan perjuangan para korban tsunami. Sesudah melewati ruang penentuan, para pengunjung lalu akan memasuki hope bridge atau jembatan harapan. Di tangga ini pengunjung akan melihat 52 bendera kenegaraan yang melambangkan bentuk bantuan tiap negara. Baru setelah melewati tangga, petualangan di museum akan ditutup dengan pemutaran film tsunami berdurasi 15 menit.

Nah, itu dia gan beberapa museum unik yg ada di Dunia. Bagaimana gan?? Unik Bukan??!! Apakah agan ada rencana buat berkunjung ke salah satu museum diatas??? http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/14.gif

Buat agan-agan yg mengetahui ada museum-museum unik lainnya selain yg TS sebutkan diatas, monggo ditambahkan gan!!!

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54b3f45ea2cb17554a8b4572/ayo-gan-kita-intip-museum-museum-unik-di-dunia

0 comments:

Post a Comment

RagMuthSa. Powered by Blogger.